KULIAH TAMU BIOLOGI UNDANGAN GURU BESAR GENETIKA UN

Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang menggelar kuliah tamu bertemakan ‘Memahami Ilmu Genetika Dengan Benar’, Selasa (23/04) di Ruang C.11. Dalam kesempatan tersebut, secara istimewa Prodi pendidikan Biologi mengundang guru besar genetika Universitas Negeri Malang (UM), Prof Dr Aloysius Duran Corebima, Md sebagai pemateri.

Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), M Rifa’i Dr SE MM menjelaskan, kuliah tamu ini merupakan kuliah tamu ketiga yang telah berhasil terselenggara. Meski prodi pendidikan biologi ini terhitung baru berdiri pada tahun 2016, fakultas terus berupaya untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran mahasiswa secara bertahap.

“Kegiatan kuliah tamu ini, kami harapkan dapat memberikan tambahan wawasan terkait ilmu genetika dan dapat dipahami secara lebih sederhana. Selain itu, kami sangat bangga karena dapat mengundang dosen dari dosen-dosen kami. Beliau merupakan guru besar yang telah berpengalaman mengajar lebih dari 40 tahun.” Ujarnya saat memberikan sambutan.

Seperti diketahui, Prof Dr Aloysius Duran Corebima, Md merupakan guru besar pendidikan ilmu genetika dari Universitas Negeri Malang (UM) yang telah berpengalaman mengajar mahasiswa jenjang S1, S2, hingga S2 untuk pendidikan ilmu biologi murni, statistik hingga ilmu genetika. Dalam kuliah tamu yang diikuti oleh lebih dari 103 mahasiswa dan 6 dosen fakultas Ilmu Pendidikan tersebut, pemateri ikut berbagi motivasi belajar kepada seluruh mahasiswa yang hadir. Menurut guru besar yang berasal dari Nusa Tenggara Timur (NTT) tersebut, semua mahasiswa dapat memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang dan menjadi sukses.

“Hendaknya semua mahasiswa memastikan bahwa kalian juga bisa pada waktunya. Jangan membayangkan karena asal kita dari lereng gunung terpencil di Sumba berarti potensimu kalah dengan kota besar lain. Potensimu sama dan pastikan sekian puluh tahun ke depan kalian bisa seperti yang saya sampaikan.”

Lanjutnya, kunci keberhasilan seorang mahasiswa adalah belajar belajar belajar dan kerja keras. Selain memberikan motivasi, Profesor yang telah dinyatakan pensiun pada bulan Maret 2019 tersebut juga memberikan wawasan terkait materi ilmu genetika. Menurutnya, selama ini ilmu genetika dijalankan dengan pendekatan yang tidak benar sehingga terkesan sangat rumit. Padahal bila kita merubah pendekatan dengan benar, maka ilmu ini sangat mudah sekali untuk dipelajari. (HUMAS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

82 − = 79